Minggu, 13 Februari 2011

PED - IDE For Python For S60 (PyS60)

DHOCNETSAFE
Walaupun gak se-komplek komputer, tapi udah semakin seru belajar dengan ponsel. Portabel dan "pas dikantong". Gak perlu bawa-bawa tas deh kemana-mana,... :D

Yang hobi programming pun bisa menulis kode dimana saja tanpa harus buka NoteBook atau NetBook yang gede banget dan boros energi. Ya, walaupun baru Python dan Perl saja yang di porting ke sistem symbian. Dan mShell (m language) yang mirip bahasa pemrograman C (atau lebih mirip sh ya ???), tapi uda lumayan buat ngobati tangan yang gatel yang pengenya ngetik mulu. Heheheh,... :P

Udah ah basa-basinya, langsung aja kita review, apa aja yang ada di PED-IDE for PyS60.



Pada halaman defaultnya, terdapat menu editor, eksekusi script, Python interaktif (PyS60 shell) dan beberapa menu umum lainya. Untuk editor, disediakan 2 (dua) pilihan jenis file yang bisa dibuat. Yaitu teks biasa dan Python script.

Untuk pilihan Text, menu yang disediakan adalah menu standard seperti teks editor pada umumnya. Sedangkan untuk pilihan Python script, terdapat menu [Run] yang berfungsi untuk meng-eksekusi langsung script yang sedang kita tulis. [Call Tip] yang berfungsi untuk memanggil atau mencari dokumentasi pada suatu fungsi yang terdapat dalam module. Dan [Code Browser] yang berfungsi untuk mencari setiap fungsi dan class yang terdapat pada suatu script.




Mendukung multiple window, auto completion dan auto indentasi. Fungsi pencarian dan pindah baris. Serta halaman bantuan yang terstruktur yang sudah dibagi dalam topik masing-masing.



Dan fasilitas restore sessions bila aplikasi mengalami hang, ponsel restart tiba-tiba atau saat ponsel mati karena kehabisan batre,.. :D



Info:
    http://code.google.com/p/ped-s60/

Artikel Terkait

2 Diskusi

  1. gulam says:

    nice info mas, tp adakah ped atau app sejenis yg cocok d ngage? Biar ngageku makin optimal gt, hehe..

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments