Selasa, 08 Maret 2011

wxcam: Memperbaiki Output Gambar Webcam Yang Terbalik (Video Driver UVC)

DHOCNETSAFE
Kemaren habis install Zencafe 2.2 di netbook temen. Proses berjalan normal. Hanya sebuah konfigurasi kecil yang dilakukan saat proses booting. Yaitu konfigurasi resolusi dan kedalaman warna saja.

Seperti biasa, selesai instalasi, dilakukan uji coba untuk setiap aplikasi, perangkat keras dan media lepas pasang. Normal. Semuanya jalan mulus, kayak yang punya. Heheheheh,.... :P

Tapi,.... saat mencoba wxcam,... eeee,... kok kebalik gini yak gambarnya,.... (O.O),... ????? ~!@#$%^&*()


Utak-atik menu settingnya juga gak ada pilihan konfigurasi yang berhubungan dengan masalah ini. Hmmmmm,..... Kayaknya harus dilakukan langsung dengan berkas konfigurasinya,...

Setelah dicari kesana-kesini, ternyata berkas konfigurasinya ada di home user itu sendiri (o.O)! Nama berkasnya .wxcam. Sama dengan nama programnya, :)

Yang isinya kurang lebih seperti ini:

Snapshot: /home/cumicumi/Desktop/image.tif
Video: /home/cumicumi/Desktop/video.avi
Frame_Rate: 32
AdjustColors: No
Negative: No
Upturned: No
Monochrome: No
Mirror: No
Blur: No
Deriche: No
Sharpen: No
Noise: No
Edge: No
DateTimeLabel: No
VideoStd: None
Resolution: 640x360
Opened: Yes
Device: /dev/video0
AudioDevice: /dev/dsp
Format: AUTO
DriverAPI: AUTO
Compression: none
Audio: Yes
Compression_Level: 50
Silence: 20
Ketemu kan ? Ternyata gak susah-susah amat. Tinggal ganti aja value dari parameter Upturned yang sebelumnya No menjadi Yes (parameter Mirror-nya juga kalo perlu, ;) dan selesai sudah,.. :)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments