Jumat, 15 Juli 2011

(My way to) Installing Zekr 1.0.0 on Slackware 13.37


DHOCNETSAFE
Tiba-tiba saja pengen install Zekr di Slackware 13.37 yang aku pake. Tanpa basa-basi lagi, langsung aku arahkan web browser ke http://zekr.org dan disana, telah terpampang Zekr 1.0.0. Tanpa basa-basi lagi, langsung saja aku download paket Zekr yang paling baru itu menggunakan wget.


$ wget "http://downloads.sourceforge.net/project/zekr/Zekr/zekr-1.0.0/zekr-1.0.0-linux.tar.gz?r=http%3A%2F%2Fzekr.org%2Fdownload.html&ts=1310644377&use_mirror=nchc"



Setelah proses download selesai, aku ekstrak dan aku jalankan Zekr dengan perintah ./zekr.sh. Tapi apa yang terjadi, ? Zekr gak mau jalan dengan pesan kesalahan yang ditampilkan seperti ini:

no swt-mozilla-gtk-3650 in java.library.path
bla,... bla,... bla,...



 
Dalam pesan itu tertulis kalau Zekr membutuhkan pustaka SWT. Setelah dicari-cari, aku dapet info dari http://www.pthichat.com/index.php/2011/04/21/cant-load-library-tmpswtlib-32libswt-mozilla-gtk-so/ kalau swt yang dimaksud itu ternyata pustaka Xulrunner. Oke dah,... lanjuttt ke halaman SlackBuilds.org,... ;-)

Di halaman slackbuilds.org, xulrunner ternyata membutuhkan paket Java Development Kit (JDK) yang bisa didapatkan
dari direktori extra/ pada CD atau DVD Slackware. Untuk CD, jdk bisa ditemukan pada CD ke-4. Mount lalu install. Jangan lupa untuk meng-eksekusi EXPORT PATH-nya setelah instalasi,.. :D


Bagi yang gak punya CD atau DVD Slackware, JDK bisa diambil dari mirror mirror lokal seperti di ftp://ftp.paudni.kemdiknas.go.id/slackware/slackware-13.37/extra/jdk-6/jdk-6u25-i586-1.txz




Sekarang mengunduh xulrunner dari http://releases.mozilla.org/pub/mozilla.org/xulrunner/releases/1.9.2.19/runtimes/xulrunner-1.9.2.19.en-US.linux-i686.tar.bz2.


Sesuai petunjuk pada websitenya, aku ekstrak pada direktori /opt

 
$ su
Password:
# tar xvf
xulrunner-1.9.2.19.en-US.linux-i686.tar.bz2 -C /opt


Lalu berpindah ke direktori xulrunner dan menjalankan perintah untuk me-register xulrunner

# cd /opt/xulrunner
# ./xulrunner --register-global


 
Beres. Sekarang Zekr sudah bisa dijalankan, :)




** Beberapa saat kemudian **

Seperti biasa, untuk paket-paket aplikasi yang siap pake (yang tidak membutuhkan proses kompilasi dan instalasi), shortcut pada menu harus dibuatkan manual. Dan kebetulan, aku pake KDE saat instalasi zekr. Jadi aku melakukan hal berikut untuk menambahkan shortcut pada K-Menu agar zekr mudah dijalankan.

Aku klik kana pada [KDE menu] kemudian aku pilih [Menu Editor]




Aku pilih kategori yang aku inginkan kemudian aku klik [New] dan aku isikan nama shortcut yang baru dengan Zekr.



Untuk icon aku menggunakan logo splash Zekr yang aku ambil dari direktori paket Zekr itu sendiri dan [Command] aku isi dengan alamat lengkap dimana letak script zekr.sh

 
Aku klik tabulasi [Advanced] dan pada form [Work Path] aku isikan alamat dimana paket Zekr berada dan aku klik lagi [Save] untuk menyimpan konfigurasi.



Sekarang Zekr sudah dapat dijalankan dengan mudah dari K-Menu, :)

 


Oke. Ada satu kendala lagi. Ternyata bahasa Inggrisku buruk. Bahkan nyaris buta dengan bahasa Inggris. Hemmm,.... akhirnya aku coba untuk mengganti bahasa yang digunakan menjadi bahasa Indonesia.

Dengan segera aku klik tombol menu [Tools] -> [Options]. Disitu aku rubah bahasa yang digunakan dari bahasa Inggris menjadi bahasa Indonesia.



Tapi hey,.... hanya interfacenya saja yang menggunakan bahasa Indonesia. Terjemahanya masih tetap menggunakan bahasa Inggris. Aku cari tau lagi di situsnya dan ternyata, ada banyak translasi yang disediakan. Aku download paket translasi untuk bahasa Indonesia dari http://tanzil.net/trans/id.muntakhab.trans.zip


Setelah download selesai, aku jalankan Zekr lagi. Aku pilih [Peralatan] -> [Tambah] -> [Terjemahan] dan aku cari dimana paket terjemahan yang baru aku download berada.



Setelah aku tekan [Open], aku pilih pilihan [Semua] (pilihan ini membutuhkan akses baca tulis pada direktori zekr untuk semua user) agar pengguna selain aku juga bisa dengan mudah memahami terjemahanya. Aku klik [OK] dan [OK] lagi.



Pada konfirmasi sebelumnya telah diberitahukan kalau ingin mengganti bahasa yang digunakan dalam terjemahan, kita bisa mengaksesnya melalui menu [Tampilan] -> [Terjemahan]. Dan ternyata benar. Disini kita bisa memilih bahasa yang diinginkan (yang terpasang) untuk digunakan dalam terjemahanya.



Nah, kalau gini kan enak mahamin artinya, :)

Have fun,.. ^^

Artikel Terkait

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments